Desain Grafis

3 Trik Belajar Desain Grafis Pemula Harus Coba

Dunia seni sekarang ini tidak lagi dipandang sebelah mata. Hal ini terbukti dengan menjamurnya pekerjaan yang membutuhkan keterampilan seni seperti menulis atau menggambar. Salah satu dari bidang yang tengah berkembang itu adalah desain grafis.

Desain grafis merupakan salah satu dari bentuk seni yang bertujuan untuk menyampaikan sesuatu menggunakan kombinasi dari berbagai macam elemen grafis seperti tulisan, gambar, foto, warna dan beragam media lainnya. Salah satu contoh dari penggunaan desain grafis dapat kita lihat di iklan media sosial.

48. Belajar Desain Grafis

Bagi Anda yang masih pemula, kali ini akan kita bahas 3 trik untuk belajar desain grafis yang cocok untuk Anda.

  1. Pahami Dasar Desain Grafis
    Trik belajar desain grafis untuk pemula yang pertama adalah pahami dasar dari desain grafis terlebih dahulu. Terdapat enam elemen dasar dalam desain grafis yaitu:
    • Garis
    Garis adalah elemen yang selalu ada di dalam sebuah desain. Setiap garis, mulai dari garis horizontal, vertikal maupun lengkung mempunyai fungsinya masing-masing.
    • Bentuk
    Jika garis adalah elemen yang selalu ada dalam desain, maka bentuk merupakan elemen yang paling banyak dipakai dalam sebuah desain. Bentuk terbagi tiga menurut sifatnya yaitu simbol, huruf dan bentuk nyata.
    • Warna
    Warna merupakan elemen yang berperan penting dalam suatu desain. Warna bisa memberi dampak emosional kepada yang melihatnya dalam sekali lihat melalui permainan dan prinsip elemennya. Dalam sebuah desain, kehadiran warna bisa memberi kesan tegas.
    Warna sendiri dibagi menjadi dua yaitu warna yang dibuat unsur tinta atau CMYK dan warna yang timbul karena sinar atau RGB.
    • Tekstur
    Dalam suatu desain, tekstur berfungsi untuk membawa emosi yang melihat desain tersebut serta memberi kesan tegas.
    Tekstur terbagi menjadi tiga yaitu tekstur halus, tekstur kasar semu dan tekstur kasar nyata.
    • Ruang
    Elemen ruang bisa dibilang memberi efek estetika untuk sebuah desain. Selain memberi efek estetika, elemen ruang juga dipakai untuk memisahkan atau menyatukan elemen layout.
    • Ukuran
    Ukuran bisa dikatakan elemen yang harus diketahui untuk bisa membuat kontras serta penekanan pada objek desain.
  2. Memperhatikan Lingkungan Sekitar
    Sebagai orang yang baru belajar desain grafis, besar kemungkinan Anda masih perlu mencari gaya desain Anda sendiri. Hal itu bisa dimulai dengan memperhatikan lingkungan sekitar mulai dari orang terdekat sampai media sosial.
  3. Menganalis Proses Dibalik Sebuah Desain
    Perlu diingat untuk tidak menjiplak desain manapun yang telah Anda temukan. Anda bisa menggunakannya untuk belajar dengan cara menganalis desainnya. Misalnya penggunaan warna dan bentuk. Dengan begitu,Anda akan terbiasa berpikir kreatif dan dapat mencoba menemukan gaya Anda sendiri.

Itulah 3 trik belajar desain grafis untuk Anda yang masih pemula, langkah mana yang sudah Anda coba?