Aplikasi VR

5 Aplikasi Augmented Reality untuk Mobile App

Selain virtual reality atau VR, terdapat satu lagi teknologi yang disebut aplikasi Augmented Reality yang sering disebut AR. Keduanya merupakan teknologi digital yang memberikan pengalaman baru bagi penggunanya.

Meskipun begitu keduanya juga memiliki perbedaan dimana VR adalah teknologi yang benar-benar dapat membuat Anda menikmati dunia baru selain dunia nyata. Sementara, AR menghadirkan dunia nyata yang dicampurkan dengan unsur digital. Hal ini membuat AR dapat digunakan sebagai media pemasaran digital.

Bila Anda ingin menikmati VR, biasanya akan membutuhkan alat khusus yang canggih. Sementara jika hendak mencoba AR, meskipun membutuhkan alat bantu, tapi Anda masih dapat menggunakannya lewat bantuan smartphone.

Sekarang kita akan membahas mengenai 5 aplikasi augmented reality untuk mobile app yang bisa Anda coba.

  1. Google Translate AR Version
    Jika selama ini Anda harus menuliskan kata-kata yang ingin Anda terjemahkan, teknologi AR dapat memberi pengalaman yang berbeda. Versi AR dari Google Translate bisa membuat Anda menerjemahkan tulisan yang terlihat di mana saja, misalnya yang ada di papan penunjuk jalan bahkan papan pengumuman.
  2. Google Sky Map
    Aplikasi augmented reality untuk mobile app yang bisa Anda coba selanjutnya adalah Google Sky Map. Aplikasi yang kerap disebut sebagai aplikasi planetarium ini merupakan salah satu aplikasi AR terlama.
    Google Sky Map mampu memberikan pengalaman berpetualang di luar angkasa bagi penggunanya. Anda cukup mengarahkan smartphone ke arah langit. Lalu, Anda akan disuguhi pemandangan yang berisi posisi planet, galaksi dan beragam benda langit lainnya.
  3. AntiMosquito AR Game
    21. Aplikasi Augmented Reality untuk Mobile App
    Jika Anda penggemar game Pokemon GO maka game yang satu ini patut Anda coba. Sesuai namanya, Anti Mosquito AR Game adalah game yang memberi Anda misi untuk membunuh nyamuk sebanyak-banyaknya. Untuk menjalankan misi tersebut, Anda boleh memilih senjata dan harus berkeliling untuk mencari raja nyamuk agar bisa menang dalam game ini. Berhati-hatilah agar Anda tidak tergigit oleh raja nyamuk, karena bisa mengurangi nyawa Anda dalam game.
  4. Quiver 3D Coloring App
    Jika Anda gemar mewarnai, Anda pasti tertarik untuk mencoba Quiver 3D Coloring App. Aplikasi ini menarik karena dapat memunculkan gambar yang telah diwarnai seolah mereka adalah benda nyata.
    Namun untuk menggunakan aplikasi ini dibutuhkan kertas yang memiliki barcode khusus.
  5. Ink Hunter
    Bila Anda penasaran dengan tato, Anda dapat mencoba aplikasi bernama Ink Hunter ini. Anda tinggal menggambar suatu pola di bagian tubuh yang Anda inginkan. Setelah itu, sorot pola itu menggunakan kamera aplikasi Ink Hunter. Akan muncul berbagai macam pilihan gambar pada aplikasi yang bisa Anda pilih untuk menjadi tato di bagian tubuh yang Anda tandai.

Itulah 5 aplikasi augmented reality untuk mobile app yang dapat Anda coba. Manakah yang paling membuat Anda penasaran?