Sosial Media Strategi

5 Strategi Pemasaran Online Melalui Media Sosial

Pemasaran atau marketing memiliki peran penting demi keberlangsungan dan kemajuan bisnis anda, karena melalui pemasaran inilah produk atau jasa anda akan dikenal masyarakat. Ada banyak cara yang bisa anda manfaatkan sebagai sarana meningkatkan nilai penjualan.

31. Pemasaran online melalui media sosial

Website bisa menjadi pilihan anda untuk melakukan pemasaran online melalui media sosial. Anda bisa mencoba memakai jasa digital agency untuk membantu mensukseskan bisnis anda. Namun, sebelum anda memulai social media marketing, ada beberapa strategi dalam memasarkan produk atau jasa anda via online. Ini penjelasannya!

Berikut 5 Strategi Pemasaran Online:

  1. Tentukan dan fokus dengan sasaran
    Tentukan dulu target pasar yang ingin anda tuju. Mengapa? Karena melakukan pemasaran ke target yang jumlahnya sedikit dan tepat lebih membuka peluang meningkatnya angka penjualan produk atau jasa anda, daripada menawarkan ke orang banyak tapi sebenarnya mereka sama sekali tidak berminat.
  2. Aktif berinteraksi
    Ketika ada konsumen anda yang komplain atau mengajukan pertanyaan, maka sebisa mungkin anda melayani mereka dengan ramah dan baik. Meskipun pada ujungnya mereka tidak membeli produk atau jasa anda. hal ini dilakukan untuk mendapat kepercayaan konsumen secara berkala.
  3. Gabungkan banyak platform
    Pemasaran menggunakan satu platform saja memang lebih dianjurkan agar anda bisa berkonsentrasi dan memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen.
    Namun, tidak ada salahnya jika pemasaran online melalui media sosial menggunakan 2-3 akun media sosial. Selain untuk memperluas jangkauan pasar, juga mempermudah calon konsumen untuk menghubungi anda.
  4. Buatlah konten yang kreatif
    Pemasaran online memang lebih rentan membuat orang menyerah, dikarenakan konversi penjualan tidak pasti. Maka bagikan konten yang kreatif dan seru-seru setiap harinya, secara tidak langsung ini akan menarik perhatian masyarakat untuk berbondong-bondong mengikuti akun anda.
    Misalnya anda bisa membagikan foto, video, atau kreatif desain lainnya yang bisa menciptakan rasa ingin tahu masyarakat menjadi lebih tinggi. Nah, saat itulah kesempatan anda untuk mulai menawarkan produk atau jasa yang anda miliki.
  5. Menggunakan jasa influencer
    Disamping anda menyuguhkan konten yang kreatif anda juga bisa memakai jasa selebgram atau selebriti untuk membantu memasarkan produk atau jasa anda. Mengapa influencer? Karena mereka telah dikenal oleh masyarakat luas dan memiliki banyak pengikut, yang mana para fans cenderung akan mengikuti gaya idolanya.

Kunci dalam berbisnis yang harus anda pegang adalah selalu berkomitmen dan konsisten terhadap produk atau jasa yang anda jual, hal ini dilakukan agar konsumen tidak lari ke toko sebelah. Pemasaran online melalui media sosial akan membantu anda meningkatkan penjualan, meskipun sedikit demi sedikit tapi seiring berjalannya waktu produk atau jasa anda akan memiliki nilainya sendiri di pasaran.