python

Belajar bahasa pemrograman lebih mudah dengan Python, Cocok untuk pemula.

Di era modern saat ini, hampir semua hal berbasis digital mulai dari aplikasi maupun website professional. Hal ini membuat bahasa pemrograman penting untuk dipelajari. Python merupakan salah satu jenis bahasa pemrograman yang ada saat ini, maka dari itu yuk simak pengenalan Python.

Python adalah salah satu bahasa pemrograman high level yang bersifat open source, mudah dimengerti sehingga lebih menghemat waktu kamu dalam memahami dan mempelajarinya. Bahasa pemrograman adalah instruksi standar dalam memerintah komputer untuk melaksanakan tugas dan menyelesaikan permasalahan. Bahasa pemrograman sering juga disebut sebagai bahasa komputer.

Bahasa pemrograman Python dibuat untuk memudahkan proses pembacaan coding, hal ini dikarenakan susunan sintaksnya yang tergolong mudah, bersih, ramah dan teratur. Selain bersifat open source bahasa pemrograman python cukup sederhana, jelas, tidak terlalu rumit dan mudah dikuasai sehingga sangat direkomendasikan untuk para pemula.

Selain Python, terdapat macam-macam bahasa pemrograman seperti Javascript, Node Js dan lain sebagainya. Akan tetapi kali ini kita akan lebih berfokus pada pengenalan Python. Phyton terkenal unggul karena fleksibilitasnya dalam berbagai situasi sehingga dapat digunakan untuk pembuatan aplikasi website, data mining dan masih banyak lagi.

38. Pengenalan PythonJS

Adapun kelebihan dari Python dalam menjalankan fungsinya sebagai bahasa pemrograman yakni;

  • Jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman javascript, bahasa python lebih sederhana dan mudah dipahami, karena merupakan bahasa pemrograman paling sederhana, maka Python sangat disarankan untuk para pemula
  • Merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis OOP, sehingga lebih mudah beradaptasi.
  • Python mempunyai support komunitas yang baik serta tampilan sederhana, hal ini menjadikan Python sebagai salah satu bahasa pemrograman terpopuler saat ini.
  • Mempunyai fitur prototyping yang membantu dalam membangun prototipe cepat, sehingga startup dapat dengan cepat memperoleh produk yang akan dipasarkan dalam waktu yang jauh lebih singkat.
  • Fitur pelayanan sangat fleksibel yang dapat menyesuaikan dalam berbagai situasi seperti pada pembuatan aplikasi website dan desktop.
  • Karena dianggap sebagai bahasa pemrograman yang bersifat open source mudah dan ramah bagi para pemula, sehingga Python sering diajarkan sebagai bahasa pemrograman pengantar pada tingkat Universitas di seluruh dunia.
  • Dapat digunakan sebagai script untuk menganalisis “SEO (Search Engine Optimization)” pada website.
  • Karena merupakan bahasa pemrograman interpretatif yang populer serta bekaitan dengan Data science, Machine learning dan IoT (Internet of Thing).

Nah, itu dia pembahasan mengenai pengenalan Python. Setelah mempelajari bahasa pemrograman python serta kelebihan dan fungsinya, apakah kamu tertarik dalam mempelajari bahasa pemrograman dengan Python?. Tentu saja kamu wajib mencobanya, apa lagi bagi kamu yang baru mau belajar bahasa pemrograman, Python dapat menjadi solusi yang tepat untuk kamu para pemula.