Wordpress

Cara Membuat Website Mudah Dengan WordPress

Pasti sudah tidak asing lagi kan dengan istilah WordPress. Salah satu CMS (Content Management System) terbesar ini telah membantu jutaan orang dalam membuat dan mengembangkan blog atau websitenya. Sebelum adanya wordpress, membuat website atau blog dulu menjadi hal yang sangat susah untuk dilakukan. Pun informasi yang tersedia di google sangat terbatas.

Seiring berkembangnya waktu, informasi dan segala kebutuhan seakan semakin berkembang pesat di segala bidang. Tidak terkecuali blog dan website. Banyak orang menggunakan website baik untuk kebutuhan personal atau website perusahaan. Bahkan beberapa UMKM juga turut menggunakan website untuk menunjang pemasaran digital produk mereka.

Lalu bagaimana langkah pembuatan website dengan WordPress? Mari simak lebih lanjut pada artikel berikut ini.

WordPress.com vs WordPress.org

Sebelum mengenal langkah-langkah menggunakannya, alangkah baiknya perlu diketahui terlebih dahulu seputar cms yang akan digunakan. WordPress sendiri sejatinya terbagi menjadi dua yaitu wordpress.com dan wordpress.org. Terdapat perbedaan yang sangat menonjol diantara keduanya.

WordPress.com adalah versi gratis yang diberikan oleh WordPress baik itu hosting maupun domain telah disediakan secara gratis namun terbatas. Ini sangat cocok bagi Anda yang ingin belajar membuat website. Perlu menjadi catatan bagi Anda. Karena ini bersifat gratis, maka perlu menaati dan mengikuti segala aturan yang terdapat di WordPress.com. Terkait ekstensi nama domain yang akan Anda dapatkan nantinya adalah www.domainanda.wordpress.com

Setelah mengetahui WordPress.com, kemudian selanjutnya ada WordPress.org. WordPress,org ini merupakan versi lengkapnya layanan WordPress. Fitur yang ditawarkan sangat beragam mulai dari tema, forum hingga ketersediaan plugin. Untuk mendapatkan akses WordPress.org ini Anda perlu membeli hosting terlebih dahulu di penyedia layanan hosting dan domain apabila anda belum memiliki domain sendiri.

18. Pembuatan Website dengan WordPress

Langkah-langkah membuat website dengan WordPress

Untuk cara pembuatannya sendiri tergolong cukup mudah. Bagi Anda yang pernah menggunakan blogger.com, tentu sudah tidak asing dengan tampilannya karena keduanya hampir memiliki kesamaan. Adapun langkah lengkapnya pembuatan website dengan WordPress sebagai berikut :

  1. Pertama, kunjungi WordPress.com terlebih dahulu kemudian pilih ‘Mulai situs web Anda’
  2. Kemudian memasukan email aktif, nama pengguna dan password. Ingat baik-baik data-data ini karena semuanya berguna pada saat login di kemudian hari. Lalu klik pada menu ‘Buat akun Anda’.
  3. Selanjutnya Anda akan disajikan 4 opsi yaitu Blog, Business, Profesional dan Online Store. Ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna.
  4. Setelah selesai memilih tipe website, selanjutnya Anda akan diminta menentukan kategori website Anda. Silahkan isi bebas sesuai keinginan Anda, lalu klik ‘Continue’.
  5. Langkah selanjutnya Anda akan diminta untuk menjelaskan mengenai nama website. Silahkan isis sesuai keinginan Anda. Disini Anda tidak perlu ambil pusing. Nama dan penjelasan mengenai website ini dapat diganti sewaktu-waktu. Jika sudah lalu klik ‘Continue’ untuk melanjutkan.
  6. Pada langkah ini, kemudian Anda akan diminta menuliskan alamat domain website. Anda perlu memastikan bahwa alamat domain yang dipilih belum ada yang memakainya. Pilih pada bagian ‘Free’ agar untuk menikmati layanan gratis. Meskipun ada layanan gratis, di WordPress.com ini juga tersedia domain dan hosting berbayar bagi Anda yang ingin lebih menikmati layanan dari WordPress.
  7. Terakhir akan ada berbagai macam pilihan plan yang bisa Anda sesuaikan, pilih ‘Start with a free site’ untuk memulai dengan layanan gratis. Namun untuk layanan berbayar ada 4 opsi yang dapat Anda tentukan sendiri diantaranya personal, premium, business dan e Commerce.
  8. Jika sudah, maka akan muncul pemberitahuan berhasil pada dashboard di WordPress.
  9. Lakukan verifikasi email untuk melengkapi data keamanan website Anda.

Itulah beberapa penjelasan serta langkah pembuatan website dengan WordPress. Cukup mudah bukan?