Iklan Video

Iklan Komersial: Pengertian, Jenis-jenisnya, dan Contohnya

Sebagai seorang yang berkecimpung di bidang bisnis pastinya tak pernah bisa berpaling dengan bidang periklanan bukan? Ya, iklan menjadi salah satu media mengenalkan produk atau jasa kepada orang lain. Tapi, apakah Anda tahu bahwa ternyata ada beberapa jenis iklan salah satunya adalah iklan komersial. Nah, kali ini kita akan membahas topik ini secara khusus, simak di bawah ini ya.

Pengertian Iklan Komersial
Iklan komersial yaitu iklan yang bertujuan untuk memasarkan jasa atau produk agar bisa dikenal orang lain. Tentunya, dengan dikenalnya produk dan juga jasa ini membuat para target iklan menjadi ingin membayar untuk bisa memiliki atau menikmatinya.

Umumnya, iklan ini ditayangkan di media massa, media elektronik, atau bahkan ditayangkan buat aplikasi. Semuanya bertujuan untuk meningkatkan keuntungan dari perusahaan.

14. Iklan Komersial

Jenis-jenis Iklan Komersial

Setelah mengetahui dan memahami pengertian iklan komersial dan juga tujuannya, maka selanjutnya kita akan membahas tentang jenis-jenisnya. Ya, ada beberapa jenis yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Strategi
    Iklan komersial strategi merupakan jenis iklan yang fungsinya membangun brand yang Anda miliki. Artinya, iklan ini akan berisi tentang manfaat atau kelebihan produk atau jasa yang Anda jual.
    Dengan ini, target iklan Anda akan yakin jika produk atau jasa dengan brand tersebut bisa diandalkan. Namun, biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa mendapatkan apresiasi oleh masyarakat.
  2. Taktis
    Selain iklan komersial strategi, iklan komersial taktis juga bisa masuk dalam jenis ini. Iklan yang satu ini memiliki ciri khas di mana para target pasar ini didesak untuk segera melakukan kontak dengan brand dengan cepat sehingga hasilnya pun dapat dilihat dengan segera.

Nah, biasanya iklan ini akan menawarkan tawaran khusus dan dilakukan dengan durasi yang pendek dan berlaku di hari itu saja. Hal ini bertujuan agar konsumen tak memiliki waktu berpikir lebih lama dan segera melakukan respons iklan pada saat itu juga.


Contoh Iklan Komersial

Lalu, apa contoh iklan komersial itu? Salah satunya adalah iklan mie instan Indomie. Walaupun ada banyak sekali merek mie instan yang beredar di pasaran, nyatanya Indomie menjadi salah satu yang paling dikenal karena tagline “Indomie… Seleraku” yang sangat khas.

Tak hanya itu saja, jingle Indomie juga sangat mudah dihafal dengan awalan lirik yaitu “dari Sabang sampai Merauke”.

Nah, itu dia penjelasan selengkapnya mengenai iklan komersial yang harus diketahui bersama khususnya bagi Anda yang menjalankan bisnis. Dengan informasi di atas kini Anda bisa mendefinisikan sendiri bahkan bisa menjelaskan yang benar mengenai berbagai hal tentang iklan komersial. Semoga bermanfaat dan jangan lupa berbagi ilmu kepada orang lain sekitar Anda.