puppeteer

Ingin Mengumpulkan Data Dengan Praktis? Lakukanlah Web Scraping dengan Puppeeteer

Bila Anda adalah seorang pebisnis online, tentunya Anda perlu melakukan pendataan tentang banyak hal. Mulai dari kompetitor bisnis Anda, riset pasar untuk produk Anda sampai mengambil daftar kontak dari orang yang mengunjungi halaman website Anda.

Untuk mendapatkan data tersebut dari website, Anda perlu untuk melakukan proses yang disebut Web Scraping dengan Puppeeteer.

20. Web scraping dengan Puppeeteer

1. Apa Itu Web Scraping?

Web scraping merupakan sebutan untuk proses ketika Anda mengambil data dari sebuah website lalu menyimpannya dalam suatu format.

Cara paling mudah untuk melakukan pendataan adalah dengan cara manual, terutama jika data yang ingin Anda pindahkan tidak terlalu banyak. Anda hanya perlu copy paste data dari halaman website Anda satu persatu.
Namun, jika jumlah data yang ingin Anda ambil ada banyak tentu akan memakan waktu jika menggunakan metode manual. Maka dari itu dikenal juga metode otomatis, dimana Anda menggunakan bantuan aplikasi, coding sampai browser tambahan.

Tentunya di masa sekarang ini, metode otomatis lebih digemari karena selain praktis, Anda juga bisa menghemat waktu.

Salah satu yang bisa membantu Anda melakukan proses Web Scraping adalah Puppeeteer.

2. Apa Itu Pupperteer?

Puppeteer adalah salah satu dari yang disebut sebagai NodeJS Library. NodeJS library sendiri merupakan platform yang memungkinkan Anda untuk menjalankan kode javascript yang membentuk website dari sisi server.
Ini artinya, dengan melakukan Web Scraping dengan Pupperter, Anda dapat mengontrol sebuah aplikasi atau website.

3. Keuntungan Melakukan Web Scraping

Dengan melakukan Web Scraping, Anda akan memperoleh beberapa keuntungan diantaranya adalah :

  • Dapat Memperoleh Informasi Dengan Cepat
    Keuntungan paling besar yang akan Anda dapatkan dari proses Web Scraping adalah Anda bisa mendapatkan informasi dengan cepat. Anda bisa mencari informasi mengenai kompetitor maupun perkembangan mengenai dunia bisnis yang sedang Anda jalani. Tentunya hal ini dapat membantu Anda melakukan pemasaran digital.
  • Bisa Membantu Anda Melakukan Survey Harga Pasar
    Menentukan harga dari produk maupun jasa yang Anda miliki bukanlah hal yang mudah terutama bila Anda masih pemula. Anda tidak bisa menentukan harga terlalu rendah maupun terlalu tinggi karena adanya banyak hal yang perlu dipikirkan.

4. Tantangan Dalam Melakukan Web Scraping

Selain memperoleh keuntungan, Anda juga akan dihadapkan pada tantangan ketika melakukan proses Web Scraping. Beberapa tantangan yang kemungkinan akan Anda temui adalah:

  • Tidak tepat sepenuhnya
  • Data yang Anda dapatkan masih berantakan dan perlu dirapikan
  • Anda tetap perlu belajar mengenai website
  • Kemungkinan Anda diblokir tinggi
  • Ada Website yang Sulit didapatkan datanya

Itulah informasi mengenai proses Web Scraping dengan pupperter, Apakah Anda sudah pernah mencobanya?