react native

Kelebihan Dan Kekurangan React Native

Apa itu React Native?

React native tentu menjadi kata yang asing bagi sebagian besar manusia. Namun jelas tidak asing bagi pekerja dalam bidang developer. Dalam komunitas developer, react native saat ini sudah cukup populer dan menjadi andalan untuk memudahkan pekerjaan mereka.

React native adalah sebuah framework yang diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan proses pembuatan dan pengembang aplikasi mobile. Kemudahannya terletak pada bisa dijalankan dalam dua sistem operasi sekaligus, yaitu Android App dan iOS App. Jadi React Native sering disebut dengan cross-platform network karena bisa digunakan dalam berbagai platform.

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 oleh Facebook, react native telah dilirik oleh banyak developer sebagai salah satu cara untuk memudahkan pekerjaan mereka. Mengapa bisa seperti itu? Karena untuk membuat sebuah aplikasi dibutuhkan pemahaman tentang kode native untuk platform tersebut. Tentunya berbeda-beda antar platform.

Nah peran react native adalah developer tidak perlu membuat kode native untuk setiap platform. Developer bisa memasukkan kode JavaScript untuk bisa membuat sebuah aplikasi menggunakan react native. Jadi developer bisa membuat satu aplikasi yang bisa dioperasikan dalam berbagai sistem operasi.

Sebagai teknologi baru yang sedang naik daun, tentu react native memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki react native.

35. Debugging React Native

Kelebihan React Native

  • Hemat biaya
    React native diklaim lebih hemat dalam hal biaya dibanding dengan proses lainnya. Karena perusahaan tidak perlu memisahkan tim developer untuk Android dan iOS, jadi jumlah tim dan biaya yang dibutuhkan lebih sedikit.
  • Hemat waktu
    Dalam proses pengembangannya, developer tidak lagi memerlukan mengubah komponen untuk menyesuaikan pada sistem operasi. Sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi lebih cepat.
  • Kode lebih simpel
    Karena react native bisa digunakan untuk berbagai sistem operasi, maka kode yang digunakan menjadi lebih simpel. Developer hanya perlu belajar react native untuk bisa mengembangkan aplikasi tersebut.
  • Digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar
    Meskipun tergolong framework baru, namun react active telah dilirik dan digunakan oleh beberapa perusahaan besar. Hal tersebut juga menjadi salah satu faktor react native menjadi semakin diminati oleh banyak developer.

Kekurangan React Native

  • Kualitas masih rendah
    Sebagai cross-platform network, tidak semua aspek dari react native dikatakan sempurna. Banyak developer yang mengatakan bahwa menggunakan kode native bisa menghasilkan kualitas yang lebih bagus daripada menggunakan react native.
  • JavaScript dan framework cepat berubah
    Sebagai salah satu komponen utama react native, JavaScript juga menjadi kelemahan dalam react native. Yaitu karena berkembangnya Javascript begitu cepat dan dinilai sering menimbulkan masalah.
  • Masih membutuhkan native developer
    Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa banyak developer yang mengatakan bahwa menggunakan kode native bisa menghasilkan kualitas yang lebih bagus daripada menggunakan react native. Maka banyak perusahaan yang pada akhirnya tetap membutuhkan native developer untuk memasukkan kode native ke dalam react native.
  • Masalah kompatibilitas dan debugging react native
    Sebagai framework yang masih muda, tentu masih banyak terdapat kelemahan. Developer menemukan berbagai permasalahan dalam hal kompatibilitas dan debugging react native. Debugging adalah proses mendeteksi dan menghapus bug dalam kode yang bisa menyebabkan sistem mengalami error.