NodeJs

Kenalan Dulu Yuk Sama NodeJS, Sebuah Platform Pemrograman Web Yang Memiliki Performa Baik

Masa kini, sebagian besar orang berlomba-lomba untuk turut menyumbangkan berbagai ide dan gagasan, demi mencipta inovasi. Baik itu kreatif desain, marketing, maupun yang lainnya; kini semua sudah berporos pada perangkat digital dan dijalankan secara virtual.

Karena semakin banyaknya laman situs-situs yang menghiasi permukaan internet, aplikasi pemrograman tentunya sangat dibutuhkan sebagai wadah yang memfasilitasi pengoptimalan sistem. Mungkin, beberapa dari anda juga sudah cukup familiar dengan SMO maupun SEO, sebuah teknik yang kerap digunakan sebagai upaya penyesuaian algoritma browser.

Untuk platformnya sendiri, kita bisa mengambil contoh dari NodeJs. NodeJs adalah sebuah jembatan untuk menjalankan aplikasi aplikasi web yang dilandaskan mesin JavaScript V8 di sisi server. Pengenalan NodeJS sendiri sudah berlangsung cukup lama, sejak 13 tahun lalu. Awalnya, NodeJs ini diperkenalkan oleh Ryan Dahl pertama kali pada tahun 2009.

28. Pengenalan NodeJS

Pengenalan NodeJS ini cukup menarik perhatian masyarakat, sebab performa dan kualitasnya yang baik dan terjamin. Mekanisme dari NodeJS ini sendiri kurang lebih bisa digambarkan seperti ini; NodeJS mengaktifkan sistem single-threaded dan non-blocking, misalnya dalam satu algoritma program A terdiri dari beberapa proses, dan sekalipun salah satu proses belum terselesaikan, algoritma program A tidak akan dihentikan sehingga ketika melanjut, tidak memerlukan output sebelumnya.

Merujuk dari sifat non-blocking, pengenalan NodeJS ini terbilang cukup berhasil karena mampu membuktikan keunggulannya. Tapi ternyata, masih banyak keunggulan NodeJS ini yang belum terlalu dieksplorasi, misalnya dengan menggunakan NodeJS dapat mempercepat sistem eksekusi kode, buffering tidak berlaku di NodeJS, dan ringannya kinerja program karena sistem single-thread.

Tak perlu diragukan lagi, pengenalan NodeJS ini sudah sampai taraf aplikasi aplikasi startup dengan branding yang sudah cukup besar. Contoh saja, LinkedIn dan Netflix. Tapi, bukan berarti platform ini tidak bisa diinstal dan digunakan oleh pemakaian gadget personal. Anda bisa dengan mudah mengunggah NodeJS ini. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Berkunjung ke laman resmi NPM, sebagai aplikasi yang mendistribusikan kode JavaScript.
    Untuk cara yang pertama ini, anda bisa langsung mengunjungi  dan mengikuti tata cara atau prosedur instalasi NodeJS. Setelah proses instalasi berhasil, anda perlu untuk mengklik CMD (command prompt), ketikanlah choco install nodejs.install, lalu enter. Aplikasi pun sudah bisa digunakan.
  2. Melalui laman situs NodeJs
    Anda bisa langsung mengunduh platform NodeJs dengan installer yang sesuai dengan OS laptop/komputer anda. Klik lanjutkan/next hingga muncul proses instalasi.

Demikianlah pengenalan NodeJS singkat dari penulis. Mari maksimalkan aplikasi web anda dengan NodeJs, yang sudah terpercaya dan aman kinerjanya!