32. Google Analytics

Langkah-Langkah Penggunaan Google Analytics

Google Analytics adalah suatu alat / layanan dari Google yang digunakan untuk menampilkan statistik pengunjung suatu website, menelusuri pengunjung dari informasi mengacu pada suatu halaman, seperti mesin pencarian, jaringan pay-per-click, advertise, email marketing dan juga tautan dalam dokumen PDF.

Cara Menggunakan Google Analytics
Untuk mulai menggunakan Google Analytics, harus diketahui tahapan-tahapan penggunaannya.

  1. Membuat Akun Google Analytics
    Hal ini bisa dilakukan dengan mengakses situs google analytics di google, kemudian pilih buat akun (start for free) atau masuk (Login to Analytics) apabila sudah pernah membuat akun sebelumnya.
  2. Menyiapkan Properti di Akun Analytics
    Properti berguna untuk mencatat data pengunjung pada situs atau aplikasi, dengan memasukan nama properti dan mengatur zona waktu yang nantinya bisa ditampilkan untuk mengetahui seberapa banyak pengunjung yang datang sesuai waktu dan tanggal.
  3. Menambahkan Tampilan untuk Properti pada Akun
    Tampilan pada properti berguna sebagai penempatan data-data sesuai dengan namanya, selain itu juga bisa digunakan untuk memfilter data-data tertentu.
  4. Menambahkan ID Pelacakan dan Tag Situs Global
    Google Analytics Code akan otomatis dibuat setelah pembuatan properti, dan tag situs global akan menyertakan id pelacakan untuk properti.
  5. Mengkonfigurasi Akun, Properti dan Tampilan untuk Mengakses Data
    Konfigurasi diperlukan untuk memberikan izin perubahan figurasi dan interaksi data, menautkan akun Google Ads dan Analytics untuk berbagi data, memahami upaya pemasaran dalam mendorong penggunaan situs dan aplikasi secara komprehensif, mengidentifikasi tindakan dan nilai uang pada tindakan tersebut, serta untuk menjelajahi galeri solusi.
  6. Menginstall Aplikasi Analytics
    Pengunduhan aplikasi Google Analytics bisa dilakukan di playstore atau Appstore, aplikasi ini sangat berguna untuk mengakses laporan analytics dengan mudah.
  7. Install Playbook
    Aplikasi Playbook berguna untuk manajer media digital, sebagai pemantauan hasil dari Akun Google Ads dan Google Analytics yang telah ditautkan dengan maksimal, selain itu Playbook juga berguna untuk memperoleh hasil analisis dan membuat kampanye Google Ads dengan memanfaatkan kreatif desain.

Google Analytics Screenshot

Penggunaan Menu pada Google Analytics

  1. Realtime
    Menu Realtime digunakan untuk memantau dan menunjukkan jumlah data pengunjung dan aktivitas kunjungan pada halaman yang sedang terjadi .
  2. Overview
    Menu Overview digunakan untuk melihat jumlah pengunjung, perangkat yang digunakan oleh pengunjung, jumlah tampilan pada halaman, situs referral yang paling populer, keyword teratas, halaman aktif yang paling teratas, dan lokasi pengunjungan yang paling tinggi.
  3. Locations
    Locations bisa digunakan untuk melihat data real time mengani lokasi dari pengunjung situs website berupa negara atau kota.
  4.  Traffic Sources
    Traffic Sources bisa digunakan untuk melihat dan memberi informasi seputar sumber traffic website seperti iklan, sosial, banner dan referral
  5. Content
    Untuk melihat konten yang sedang dikunjungi secara realtime menggunakan sub-menu content.

Itulah bagaimana cara membuat akun Google Analytics dan penggunaan menu pada aplikasi atau website Google Analytics yang harus diperhatikan untuk memaksimalkan penggunaan Analytics sesuai kebutuhan.