23. Sistem Informasi untuk BUMN

Langkah Perusahaan BUMN dalam Transformasi Digital

Di era yang serba modern ini, bukanlah hal yang aneh jika badan usaha berlomba-lomba untuk melakukan transformasi digital, salah satunya adalah BUMN. Sistem informasi untuk BUMN dalam bidang pemasaran juga ikut mengalami beberapa perubahan seiring berjalannya waktu.

BUMN

Sistem informasi pemasaran sendiri dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang melakukan analisa dari informasi pemasaran yang yang dihimpun secara terus-menerus dari berbagai badan usaha yang ada.

Dalam sistem informasi pemasaran biasanya tersedia informasi mengenai penjualan, aktivitas pemasaran, promosi penjualan, penelitian pasar, dan segala hal lainnya yang berkaitan dengan pasar.

Salah satu sistem pemasaran yang kini banyak diterapkan oleh badan usaha adalah sistem pemasaran digital. Banyak badan usaha yang mulai melakukan upaya digitalisasi agar tetap relevan di era yang serba cepat ini, beberapa diantara adalah Indosat Ooredoo, Pertamina, Telkom, dan Sabre.

Indosat Ooredoo Business belum lama ini meluncurkan layanan inovasi yang disebut “iAds”. iAds sendiri merupakan layanan sebuah layanan digital advertising yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR), mobile video, dan interactive messaging.

Medium promosi yang ditawarkan pun cukup beragam yaitu iAds yang berbasis teknologi augmented reality, iAds Biz yang merupakan layanan SMS broadcast interaktif, dan iAds MGram yang menawarkan promosi interaktif melalui foto dan video tanpa perlu menggunakan internet.

Selain terobosan iAds dari Indosat Ooredoo, sistem informasi BUMN milik Pertamina juga mengalami transformasi digital. Adapun transformasi digital yang dilakukan Pertamina berupa:

  • Digital marketing: pihak Pertamina kini tidak melakukan promosi secara konvensional saja melainkan mulai memanfaatkan sosial media.
  • Digital sales: Pertamina Group sudah meluncurkan aplikasi myPertima untuk memudahkan pembayaran, pemberian informasi, promosi, hingga reward untuk para pelanggannya.
  • Digital customer care: Pertamina juga meluncurkan layanan customer care Pertamina untuk melayani pemberian informasi seputar produk Pertamina.
  • Digital business model innovation: salah satu inovasi yang dilakukan Pertamina ialah dengan melakukan home delivery beberapa produk Pertamina.

Tidak mau kalah dengan BUMN yang lain, PT Telkom Indonesia dan PT Sabre Network Indonesia juga menjalin kerja sama. Kerja sama ini dilakukan dalam bidang platform digital pariwisata yaitu Wonderin.id.

Wonderin.id sendiri merupakan layanan digital milik Telkom yang terjun di bidang pariwisata. Layanan digital ini bekerjasama dengan Sabre melalui fitur Online Booking Tools untuk melakukan digitalisasi pada 4.000 agen perjalanan. Keduanya berharap proses digitalisasi ini dapat mendongkrak pariwisata Indonesia yang sempat surut karen pandemi COVID-19.

Selain empat badan usaha di atas, banyak BUMN yang mulai melakukan digitalisasi bisnis. Hal ini tentu akan berpengaruh pada sistem informasi untuk BUMN, namun perubahan tentu diperlukan agar BUMN dapat mengikuti perkembangan zaman.