xcode simulator

Mencoba Aplikasi iOS Menggunakan Xcode Simulator

Ada beberapa cara dalam menguasai suatu keahlian tertentu. Salah satunya adalah melalui bantuan simulator. Anda mungkin pernah mengamati seseorang yang sedang mencoba menguasai keahlian misalnya dalam mengemudi mobil. Orang tersebut bisa memulainya dengan mencoba simulator mengemudi terlebih dahulu. Misalnya yang paling sederhana, simulator mobil bisa didapatkan dari sebuah game simulasi.

Begitu juga halnya jika Anda akan menekuni bidang programming dalam hal ini Anda sebagai pembuat aplikasi. Anda tentu akan memikirkan bagaimana caranya membuat sebuah aplikasi? Mengetahui cara pembuatan aplikasi pun bisa dengan bantuan tools atau alat simulator.

Sistem layanan untuk membuat aplikasi, kita mengenal salah satunya yaitu Xcode. Xcode, merupakan tempat bagi programmer untuk membuat atau mengembangkan aplikasi seperti aplikasi iOS, tvOS, macOS dan juga watchOS. Nah pada intinya, Xcode merupakan piranti untuk menjalankan bahasa pemrograman, serta ngoding membuat aplikasi iOS pada produk komputer Mac. Kalau di pembuatan aplikasi Android, kita mengenalnya ada Android Studio.

Oke, kali akan khusus membahas Xcode. Lebih spesifiknya membahas salah satu tools atau alat yang tersedia di Xcode, yaitu Xcode Simulator. Seperti ilustrasi pada awal tulisan ini, Xcode simulator adalah tools bagi para programmer melakukan simulasi pada aplikasi-aplikasi yang sudah jadi.

Jika Anda sedang mengoperasikan Xcode, anda akan menemukan tombol play and stop, dan item dropdown. Nah semuanya itu berfungsi sebagai simulator. Dengan bantuan alat-alat tersebut, Anda bisa mengecek sendiri, melihat dengan detail fungsi serta kinerja dari aplikasi yang dibuat. Adapun beberapa platform simulator yang tersedia yang bisa Anda pilih antara lain iPhone 11, Mac, iWatch, dan lain-lain.

XCode Screenshot

Disamping mengetahui dan memanfaatkan Xcode Simulator, selaku programmer Anda tentunya juga perlu mengetahui tools-tools Xcode lainnya. Di sini, tools-tools tersebut akan diulas secara ringkas untuk melengkapi pengetahuan Anda tentang Xcode. Tools-tools Xcode tersebut antara lain:

  • Editor
    Tools editor pada Xcode ini bisa dibilang tools yang paling penting. Karena tools ini fungsinya adalah untuk menulis kode-kode swift. Selain itu, di tools inilah segala aktivitas ngoding di Xcode ini berlangsung. Mulai awal menuliskan koding hingga uji atau testing terakhir.
  • View
    Xcode dilengkapi dengan tools atau berbagai tombol view. Di antaranya terdapat tombol view “tinjauan kode”, yang berguna untuk membandingkan jika terdapat dua file swift yang berdampingan. Selain tinjauan kode, juga terdapat tombol “hide” yang berfungsi menyembunyikan sisi kiri dan kanan. Tools ini membantu Anda bisa melihat dengan leluasa, fokus pada bagian tengah editor swift saja.
  • Bilah Status
    Dalam menjalankan pemrograman, setiap progress dari project tentu tersimpan. Akan ditemui juga error atau kesalahan yang terjadi pada project. Nah tools bilah status inilah yang akan menunjukkan kepada Anda tentang kesalahan-kesalahan dalam project yang sedang Anda kerjakan.

Demikian ulasan terkait Xcode Simulator kali ini. Semoga dapat membantu Anda mengembangkan kemampuan dalam menjalankan bahasa pemrograman pada pembuatan aplikasi iOS untuk Iklan Sosial Media. Selamat belajar dan berkarya.