Atom IDE

Mengenal IDE Atom.io

Bagi developer baik itu yang sudah berbentuk perusahaan ataupun yang masih individu, menjamin website yang mereka buat untuk klien dinilai baik oleh aplikasi website adalah keharusan. Tentunya setiap klien pasti ingin website yang sudah ia beli ada di daftar pencarian teratas supaya peluang dagangannya diakses calon klien lebih besar. Untuk mempermudah tugas inilah, platform jaringan sosial yang memayungi para developer yaitu Github bekerja sama dengan facebook membuat pengenalan IDE Atom.io sebagai fitur terbarunya.

41. Pengenalan IDE Atom.io

Sebagai pengenalan bagi kalian yang mungkin belum tahu atom io adalah fitur text editor yang akan membantu dalam penulisan program koding lebih cepat dan tepat. Adapun beberapa fitur yang ada pada atom io pada versi lama antara lain :

  1. Packages
    Packages merupakan kumpulan dari beberapa golongan coding yang memiliki keterkaitan satu sama lainnya atau dengan kata lain seperti template pengkodingannya. Pada atom io ini menyediakan berbagai template seperti Emmet, JavaScript/AngularJS Snippets, Remote-FTP, Terminal-Panel dll.
  2. Themes
    Tidak hanya soal pengkodingan, atom io juga menyediakan berbagai tema untuk membuat website terlihat lebih menarik. Tema yang tersedia ada 1689 buah yang dapat diinstal dan dipilih sesuai selera. Contoh tema yang tersedia seperti Dracula, Monokai, Mac OS UI dll.
  3. Customize
    Pada fitur ini anda bisa mengatur ukuran dan jenis tulisan yang nanti akan terbaca pada website. Selain itu anda juga bisa atur line height dan tab sesuai keinginan.
  4. Open source
    Atom io juga memberikan kebebasan untuk penggunanya tidak hanya tinggal pakai fitur-fitur yang sudah disediakan tapi juga leluasa untuk membuat themes dan packages sendiri dengan bahasa JavaScript. Selain itu anda juga diberi fasilitas forum untuk bertanya dan berdiskusi mengenai atom di Discuss.atom.io.

Sementara pada pengenalan IDE atom io sebagai program terbaru yang diluncurkan github, ada beberapa fitur baru yang ditambahkan antara lain :

  1. Code navigation
    Pada bahasa pemrograman terdapat berbagai jenis syntax untuk menjalankan perintah tertentu. Tentu tidak semua syntax itu dapat dihafal oleh programernya. Oleh karena itulah fitur code navigation hadir untuk mempermudah programmer yang ingin menjalankan program tertentu tapi lupa dengan coding untuk mengaktifkan syntax tersebut.
  2. Code formatting
    Membuat sebuah coding menjadi sebuah program tentu sangat tidak mudah. Satu ketidaktelitian yang terlihat sepele saja dalam pengkodingan bisa membuat program tidak berjalan sebagaimana mestinya atau malah bisa tidak berfungsi sama sekali. Jika diperiksa/debugging secara manual jelas akan sangat melelahkan dan menghabiskan banyak waktu. Inilah fungsi dari fitur code formatting supaya bila ada codingan yang kurang teliti sebagaimana seharusnya, sistem yang akan memperbaikinya secara otomatis

Itulah tadi sekilasi mengenai pengenalan IDE atom io yang dijelaskan. Semoga informasi tersebut berguna bagi anda.