backup database

Pentingnya Database Dan Proses Backup & Restorenya

Sebut saja database server, sekumpulan data yang diorganisir, dikelola, dan di simpan dalam sistem komputer; merupakan suatu hal yang kompleksitasnya tinggi karena tak semua orang bisa membedahnya.

Database sendiri mungkin sudah cukup dekat dengan para pekerja teknologi informasi yang dengan bahasa pemrograman. Database server sendiri bisa berupa macam-macam hal, mulai dari database inventaris, database pengguna personal, maupun database pelanggan kreatif desain misalnya. Ini sebabnya, jaminan keamanan database sangat krusial agar data tetap terjaga.

Lantas, adakah cara yang paling efektif untuk backup database di server yang mudah, sederhana, dan relative paling cepat/instan? Tak perlu khawatir, penulis menemukan penanganan awal atau antisipasi yang bisa anda lakukan. Backup database di server ini perlu anda perhatikan langkah-langkahnya, karena sangat riskan terjadi kesalahan, dari yang ringan hingga fatal.

Sejauh ini, cara backup database di server kebanyakan dilakukan melalui control panel (bagi pengguna Windows) dan terminal (bagi pengguna OS X). Tapi selain kedua media tersebut, anda bisa juga mencoba metode backup dan restore langsung yang diberlakukan di server tanpa jembatan komputer satu dan komputer lainnya & tanpa kompresi jika database anda tidak terlalu besar. Berikut cara-caranya:

29. Backup Database di Server

Backup Database Dari Laptop

  1. Sebelum memulai, pastikan anda mengunduh aplikasi mySQLdump terlebih dahulu.
  2. Pergi ke TERMINAL, kemudian akan muncul suatu kotak yang berisikan tulisan ‘ sudo echo $(crontab -1 ; echo ‘0 ’03 * * * mysqldump -u root -PASSWORD ANDA –all databases >
  3. Ganti password awal anda menjadi password databasemu, setelah itu backup database di server akan berjalan secara otomatis setiap jam 03.000 pagi.

Backup Database Langsung di Sever

  1. Anda bisa mengunjungi platform server dengan bantuan mySQLdump.
  2. Masukkan kode beserta username databasemu.
  3. Lakukan seluruh proses yang tampil di layar laptop/komputermu, setelah itu database pun sudah terbackup, terkompresi, sehingga jauh lebih ringan untuk disimpan atau dikirim untuk keperluan tertentu.

Melakukan backup database di server memang sangat lekat kaitannya dengan kode-kode pemrograman. Maka dari itu, jika anda rasa anda kurang paham, anda bisa langsung segera berkonsultasi dan membooking jadwal dengan teknisi atau programmer yang memang sudah paham dan handal di bidangnya.

Itulah informasi mengenai backup database di server yang bisa penulis berikan. Kiranya, artikel ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai database itu sendiri dan bagaimana cara melakukan antisipasi kerusakan atau kehilangan database dengan backup maupun restore. Selamat mencoba!