45. ObjectiveC vs Swift

Simak Inilah Perbedaan ObjectiveC vs Swift

Seringkali dalam digital marketing, kita menggunakan iklan sosial media untuk mengenalkan bisnis dan memperluas jangkauan. Dengan iklan perusahaan bisa memantau konsumen dan target market yang dibutuhkan. Tidak jarang, iklan tersebut juga disertakan dalam beberapa aplikasi yang bertautan dengan media online.

Anda tidak perlu bingung bila tidak ahli dalam digital marketing, karena sudah banyak digital agency yang melayani jasa pembuatan website, optimalisasi SEO, sampai dengan pembuatan aplikasi. Dalam pembuatan website sampai dengan aplikasi, digital agency biasanya menggunakan beberapa jenis bahasa pemrograman. Ada 2 yang sering digunakan yaitu ObjectiveC dan Swift. Lalu apa perbedaan antara ObjectiveC vs Swift dalam proses pembuatan aplikasi dan website? Mana yang lebih mudah digunakan?

ObjectiveC

Merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan dengan sifat object-oriented reactive. Biasanya ObjectiveC digunakan untuk produk Mac OS X dan iPhone. ObjectiveC berorientasi pada objek atau OOP (Object Oriented Programming). Termasuk bahasa pemrograman yang sulit, ObjectiveC memiliki beberapa kelebihan yang membuat Anda tetap harus mempelajarinya.

ObjectiveC memiliki smalltalk-style messaging. Hal ini juga menjadi ciri khas pada setiap produk Apple, karena sudah menjadi bahasa pemrograman utama dari Apple untuk pengembangan aplikasi iOS. bahasa pemrograman ini juga dikhususkan untuk framework Cocoa yang juga dikembangkan oleh Apple.

Kelebihan dari bahasa pemrograman ini adalah adanya dukungan akan dukungan library yang dapat dimanfaatkan pengembang.

Kelebihan lainnya yaitu adanya kemampuan runtime yang merupakan program yang mampu berjalan secra dinamis begitu juga dalam pengambilan keputusan dalam pembuatan kode. ObjectiveC sampai sekarang masih menjadi bahasa pemrograman terpopuler di dunia.

Swift

Swift adalah salah satu bahasa pemrograman yang mempunyai object-oriented yang juga dikembangkan oleh Apple. Swift ini dapat membantu Anda dalam pengembangan aplikasi di iOS. dibandingkan ObjectiveC, Swift merupakan bahasa pemrograman yang lebih mudah dipelajari, modern, cepat, dan type-safe.

Swift sendiri adalah pengembangan dari ObjectiveC dengan alasan ObjectiveC agak sulit untuk dipelajari sehingga Swift muncul sebagai solusi. Swift sendiri sudah menjadi bahasa resmi Apple untuk membangun iOS, iPadOS, Mac OS, Watch OS, TVOS, dan Linux.

objective c vs swift

Perbedaan ObjectiveC vs Swift

Lalu apa yang membedakan antara ObjectiveC dengan Swift jika memang sama-sama dikembangkan oleh Apple? Dari segi pemeliharaan, ObjectiveC akan lebih rumit jika dibanding dengan Swift karena pengembang perlu menangani dua file yang terpisah jika menggunakan ObjectiveC. Sedangkan untuk keamanan dan keselamatan, Swift dinilai lebih aman karena memiliki kode yang jelas dan dapat dipahami dengan mudah sehingga jika ada kesalahan lebih mudah mengatasinya.

Kemudian dari segi kompleksitas Coding, Swift memiliki pengkodean yang sangat mudah karena jumlah baris terbatas, sedangkan ObjectiveC bisa menyebabkan aplikasi crash karena baris yang terlalu panjang. Bahasa pemrograman dari Swift lebih modern dan mudah dipelajari sedangkan ObjectiveC masih bertahan dengan bahasa pemrograman yang cukup tua dengan jarangnya pengembangan fitur-fitur terbaru.

Berdasarkan uraian ini jika dibandingkan, ObjectiveC vs Swift, Swift akan lebih diunggulkan, tapi kembali lagi pada kenyamanan pengguna,