XCode logo

Teknik Jitu Membuat Aplikasi iOS dengan XCode

Membuat sebuah aplikasi iOS dengan XCode tampaknya kini bukan hal yang sulit, khususnya di kalangan para programer, baik profesional maupun pemula.

Bukan tanpa alasan mengingat XCode dalam hal ini dikenal sebagai aplikasi paling unggul yang sanggup mengoperasikan bahasa pemrograman Swift maupun koding dalam membangun sebuah aplikasi iOS pada sistem Mac.

Apalagi, software untuk membuat aplikasi iOS ini terbilang memiliki berbagai macam tools sebagai alat dalam mendukung setiap proses pengembangan perangkat. Sehingga, akan mempermudah programmer dalam membangun aplikasi dengan mudah dan cepat.

Hanya saja, XCode sebagai IDE untuk membuat aplikasi di platform iOS tersebut hanya bisa dioperasikan melalui mekanisme MacOs saja.

Nah, jika Anda ingin menerapkan apa saja langkah membuat aplikasi iOS dengan XCode ini, Anda bisa bisa mempelajari beberapa tahapan pembuatan aplikasi sistem iOS yang akan dijelaskan pada langkah-langkah di bawah ini.

XCode Screenshot

Persiapan Pembuatan Aplikasi iOS
Sebelum jauh melangkah bagaimana cara membangun aplikasi iOS dengan XCode, Anda harus mempersiapkan beberapa tools yang nantinya digunakan untuk merancang aplikasi iOS. Antara lain yaitu :

  1. Perangkat Apple Series
    Pertama, Anda harus memiliki perangkat Apple Series mengingat pembuatan aplikasi iOS sendiri hanya kompatibel untuk perangkat berbasis MacOS.
  2. Aplikasi XCode
    Selanjutnya, Anda harus download XCode dan menginstalnya di perangkat Anda sebagai software untuk mengerjakan proyek pembuatan aplikasi iOS.

Setelah dua komponen tersebut siap maka langkah selanjutnya adalah tahapan dasar membuat aplikasi iOS melalui XCode.

Cara Membuat Aplikasi iOS Menggunakan XCode

  1. Pertama, buka aplikasi XCode yang telah kamu instal. Kemudian pilih pada bagian Create a New Project untuk membuat proyek aplikasi iOS baru.
  2. Selanjutnya, akan muncul jendela baru. Pilih menu iOS dan pilih Single View App dan klik Next
  3. Akan muncul lagi jendela yang meliputi beberapa informasi soal aplikasi yang hendak dibuat. Isi saja sesuai dengan kebutuhan. Lalu, klik Next untuk menginjak langkah berikutnya.
  4. Setelah itu, Anda akan diarahkan pada tahapan dimana file proyek Anda tersebut disimpan. Lanjut klik Create.
  5. Nah, nantinya Anda akan masuk pada halaman utama dari aplikasi XCode tersebut yang terdiri dari beberapa properti proyek dari aplikasi yang akan Anda buat.

Beberapa langkah membuat aplikasi iOS dengan XCode di atas tentu saja bisa Anda persiapkan terlebih dulu sebelum nantinya dilanjut pada proses secara detail step by step membangun sebuah aplikasi berbasis iOS. Cukup mudah bukan?