website amp

Website AMP Jurus Jitu Meningkatkan SEO

Accelerated mobile pages atau lebih mudah disebut AMP adalah sebuah teknologi yang diluncurkan Google untuk memudahkan membuka suatu website dengan cepat. Tidak bisa dipungkiri bahwa ketika membuka website dan harus menunggu loading beberapa detik saja, kita akan merasa kesal. Nah untuk menjawab kekesalan customer, Google meluncurkan AMP sebagai alat bantu.

Google AMP ini sangat cocok untuk website yang memuat konten artikel. Hasilnya halaman website menjadi lebih ringan dan tampilannya lebih minimalis atau simpel. Customer akan lebih mudah dan cepat membuka website yang dituju dengan bantuan Google AMP.

Bagi pemilik website, disarankan untuk menggunakan Google AMP. Namun ada hal-hal yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan Google AMP. Yaitu pastikan website menggunakan kode CSS yang efisien, menggunakan kode JavaScript yang ada di library JavaScript khusus AMP, dan melakukan validasi AMP dengan benar.

Google AMP

Setelah memperhatikan ketiga hal di atas, bisa diputuskan untuk menggunakan Google AMP atau tidak. Bagi pemilik website yang ingin meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) dengan tujuan meningkatkan peringkat website pada sistem mesin pencarian, maka menggunakan Google AMP ini sangat disarankan.
Kelebihan website AMP

Menggunakan AMP untuk website memang sangat dianjurkan. Berikut adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki website AMP.

  • Gratis
    Untuk menggunakan Google AMP pada sebuah website tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Jadi pemilik website bisa mulai menggunakan Google AMP pada websitenya secara cuma-cuma.
  • Loading lebih cepat
    Tujuan utama diluncurkan Google AMP adalah menjawab keresahan customer tentang loading yang lama ketika membuka website. Jadi kelebihan utama website yang menggunakan AMP adalah waktu loading yang lebih cepat.
  • Meningkatkan SEO
    Karena loading lebih cepat, maka otomatis SEO akan meningkat.
  • Memuaskan customer
    Dengan loading yang lebih cepat maka customer akan merasa puas dan tertarik untuk membuka halaman-halaman lainnya di website anda.

Selain kelebihan, terdapat kekurangan pada website AMP. Diantaranya yaitu tampilan menjadi lebih minimalis dan kemungkinan hilangnya iklan yang ada pada halaman website.

Membuat website AMP

Cara membuat website AMP adalah dengan menginstal Plugin AMP di WordPress. Bisa dilakukan dengan menggunakan Plugin AMP resmi, bisa juga menggunakan Plugin AMP untuk WP. Kemudian atur beberapa pengaturan awal AMP di website sesuai kebutuhan.

Pastikan AMP sudah berjalan di website. Caranya adalah dengan cek di kolom pencarian, tambahkan /amp diakhir URL halaman website. Jika tampilan website yang muncul sudah menjadi tampilan minimalis, maka AMP sudah berjalan di website. Selamat mencoba.