Website Aplikasi ReactJs

Website Aplikasi ReactJs

Ini dia cara buat website aplikasi yang lebih menarik dengan ReactJS, Wajib coba!

Penggunaan internet mengalami peningkatan setiap tahunnya, salah satu media yang paling sering digunakan untuk akses adalah website. Website aplikasi ReactJS merupakan salah satu framework terbaik yang dapat digunakan khususnya untuk kamu yang ingin buat website lebih menarik dan atraktif.

Sebelum kamu belajar bagaimana cara buat website dengan ReactJS, kamu mesti tahu apa itu ReactJs. ReactJS adalah library atau pustaka javascript yang dapat digunakan untuk membangun UI (User Interface) yang bersifat open source dan memungkinkan kamu membuat desain simple dan juga menarik pada website aplikasi kamu.

Website Aplikasi ReactJS

Apa saja kelebihan Website aplikasi ReactJS?

Nah, untuk kamu yang ingin tahu bagaimana cara buat website sendiri menggunakan ReactJs, wajib tahu apa saja fitur-fitur ReactJS yang membuatnya menjadi lebih unggul.

  • Declarative: ReactJS dapat menjadikan UI (User Interface) interaktif sehingga memudahkan proses pembuatan desain lebih simple pada setiap state dalam website aplikasi. Declarative mampu membuat kode yang lebih mudah diprediksi.
  • Component Based: Merupakan salah satu fitur ReactJS yang dapat membantu para web developer membuat Encapsulated component yang bisa mengatur langkah (step) selanjutnya dapat membuat Complex UI sesuai kemampuan tersebut
  • Learn Once, Write Anywhere: ReactJS bekerja menggunakan Node JS yang dapat mengembangkan fitur baru dengan lebih mudah tanpa harus mengganti kodenya terlebih dahulu. Selain itu ReactJS bisa menggantikan data tanpa harus me-reload laman, terutama untuk proses web development dalam skala besar.
  • JSX: Merupakan fitur tambahan pada ReactJS yang memungkinkan penggunaan HTML dalam JavaScript. Penggunaan JSX lebih disarankan Daripada menggunakan JavaScript Biasa pada saat templating di dalam ReactJS. JSX juga dapat digunakan untuk membuat subkomponen menggunakan HTML dan penggunaan sintaksis tag pada HTML.
  • Virtual DOM: Fitur tambahan unggulan lainnya pada ReactJS yakni Virtual DOM. Ketika web developer mengupdate DOM menggunakan JSX, maka secara otomatis ReactJS akan membuat salinan dari DOM asli menggunakan Virtual DOM. Virtual DOM sangat membantu kamu yang ingin belajar buat website lebih menarik dengan ReactJS.

Cara Menginstall ReactJs

Setelah mengetahui fitur-fitur unggul apa saja yang ada pada ReactJS, berikut adalah bagaimana cara menginstal ReactJS:

  1. Buka installer NodeJS lalu download dan tunggu sampai instalasi selesai.
  2. Buat folder baru untuk menginstal ReactJS.
  3. Buka pada command prompt lalu ketik: npm-v
  4. Masuk ke folder instal ReacrJS yang baru kamu buat
  5. Untuk menginstal ReactJS ketikan kode : npm install-g create-react-app
  6. Untuk mengecek keberhasilan instalisasi ReactJS, kamu bisa cek dengan mengetikan kode: create-react-app-version
  7. Setelah React sukses terinstal langkah selanjutnya adalah dengan membuat project. Setelah proses pembuatan project selesai, akan ada halaman web yang terbuka secara otomatis.

Itulah beberapa keunggulan dari Website aplikasi ReactJS dan cara instalasi ReactJS. Setelah mempelajarinya, kini kamu siap membuat website aplikasi kamu yang lebih menarik, tanpa harus menyewa jasa buat website.